"Menjaga Jagad" Tema Bakti Sosial PSHT Provinsi Jatim di Tegalombo

"Menjaga Jagad" Tema Bakti Sosial PSHT Provinsi Jatim di Tegalombo


PACITAN, lensa-nasional.com | Dalam memperingati 100 tahun atau satu abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), ranting Tegalombo Cabang Pacitan, gelar bakti sosial hingga tampilkan 100 kesenian barongan.


Bertempat di Lapangan Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, kegiatan yang dikemas dengan bakti sosial itu menggandeng sejumlah organisasi masyarakat (ormas) dan perguruan silat yang tergabung dalam ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pacitan. 


"Ini bentuk kepedulian (PSHT) kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari, mulai Sabtu (24/9) kemarin," ujar Fendi Sugiharto, Ketua Pelaksana Kegiatan, Minggu (25/09/2022) siang.


Adapun kegiatan sosial itu diantaranya yaitu, santunan kepada anak yatim dan duafa, penanaman pohon, penebaran benih, doa bersama hingga donor darah serta cek kesehatan.   "Selain bakti sosial, kami juga menampilkan 100 barongan dan beberapa kegiatan lain," katanya.


Seperti diketahui, PSHT berdiri pada 2 September 1922 silam, di Desa Pilangbango, Kota Madiun. Di tahun 2022 ini, perguruan silat PSHT itu genap berusia 100 tahun. 


Menurut Fendi, meski setelah hari 'H' dalam memperingati hari jadi, hal tersebut bukan menjadi persoalan, sebab pihaknya ingin memberikan warna berbeda dengan apa yang telah dilaksanakan oleh daerah-daerah lain di seluruh Indonesia, sehingga butuh persiapan yang matang.

"Karena kami ingin menampilkan sesuatu yang berbeda. Perjalanan 100 tahun ini tidak sebentar, tentunya bagaimana kami memberikan sumbangsih kepada bangsa, negara NKRI ini," jelas Fendi.


"Alhamdulillah kita mendapat respon yang baik dari sejumlah pihak. Kami juga bersyukur kegiatan dengan tema 'Menjaga Jagad' ini bisa berjalan lancar," sambung Fendi.


Fendi berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat membawa dampak positif bagi masyarakat di sekitar, terutama dari segi ekonomi.  "Kami berharap, kegiatan ini mampu memberi kontribusi positif dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Semoga ke depannya bisa lebih bermanfaat," pungkasnya. (Tim)

Posting Komentar

0 Komentar