Namanya Dicatut Parpol Tertentu Tanpa Ijin,Ketua ESI Pacitan Klarifikasi Ke KPU

Namanya Dicatut Parpol Tertentu Tanpa Ijin,Ketua ESI Pacitan Klarifikasi Ke KPU



Pacitan, lensa-nasional.com | Pada hari ini ada 6 orang melakukan klarifikasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Jawa Timur karena namanya dicatut sebagai kader partai politik tertentu dan masuk ke sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.


Dari ke enam orang yang melakukan klarifikasi salah satunya adalah Ketua Umum Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Pacitan yang mananya juga ikut di catut sebagai kader partai politik tertentu tanpa konfirmasi terlebih dahulu ke yang bersangkutan. 


"Saya hari ini melakukan Klarifikasi ke KPU Pacitan karena saat saya cek di Info Pemilu nama saya terdaftar di Sipol sebagai anggota partai tertentu, padahal saya bukan kader partai tersebut,"ujar Rio Ardian Permana kepada awak media usai melakukan klarifikasi, Rabu (07/12/2022).


Lebih lanjut Rio mengatakan jika beberapa waktu lalu pernah ditawari oleh pengurus salah satu partai, namun pihaknya tidak berkenan ikut partai politik, namun setelah di cek pada laman Info Pemilu nama dan NIK KTP nya terdaftar di Sipol.


"Memang beberapa bulan lalu saya pernah ditawari masuk jadi pengurus salah satu partai namun saya tidak berkenan, tapi yang membuat heran adalah nama dan NIK KTP bisa terdaftar sedangkan saya tidak pernah memberikan KTP atau poto kopiannya ke pada partai tersebut,ini kan namanya pemakaian data tanpa seijin penilik data tersebut,"jelasnya.


Setelah mengetahui nanya terdaftar di Sipol lantas melakukan laporan dan klarifikasi ke KPU Pacitan, Dia berharap kepada parpol agar lebih profesional dalam mencari kader, jangan asal catut nama seseorang tanpa ijin dari yang bersangkutan.


"Kalau memang mau mencari kader ya cari dengan cara yang baik dan profesional,jangan asal main catut nama orang lain tanpa ijin seperti itu,mungkin selain saya masih banyak masyarakat yang dicatut namanya, namun mereka saja tidak mengetahuinya,"ungkap pria yang akrab di sapa Tyo tersebut.


Sementara itu Anggota KPU Pacitan Divisi Teknis Penyelenggara, Agus Susanto membenarkan jika dalah sehari ini ada 6 orang yang melakukan klarifikasi yang namanya tercantum di Sipol salah satu parpol 


“Enam orang tersebut tidak merasa menjadi pengurus dan anggota partai politik tertentu sehingga mereka mengadukannya ke KPU Pacitan,”kata Agus


Ia mengungkapkan latar belakang yang melakukan klarifikasi bervariasi, mulai dari mahasiswa, wiraswasta, pelajar, karyawan swasta,Ketua Cabang Olahraga,Wartawan, Guru, PNS dan non-PNS.


Alasan yang para pelapor tersebut mengadu berbeda-beda. Beberapa di antara merasa namanya dicatut oleh salah satu partai politik dan dimasukkan menjadi pengurus dan kader partai. Padahal, belum ada komunikasi dan persetujuan dengan yang bersangkutan.


“Ada pula yang menyatakan tidak pernah menjadi anggota maupun pengurus partai politik, namun namanya masuk Sipol. Ada yang beralasan tidak menjadi anggota partai tertentu, namun namanya masuk di Sipol. Ada yang merasa keberatan sebab namanya terdaftar di Sipol,”ujarnya.


Terkait hal itu, imbuh dia, KPU juga memberikan layanan khusus untuk cek keanggotaan parpol. Masyarakat Pacitan bisa mengecek melalui http://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik


Apabila merasa tidak menjadi anggota partai politik, tetapi namanya masuk di Sipol maka bisa mengadu ke KPU atau Bawaslu.(*)

Posting Komentar

0 Komentar