Mas Aji Meresmikan Pamsimas Desa Gegeran

Mas Aji Meresmikan Pamsimas Desa Gegeran 



PACITAN, lensa-nasional.com | Berawal dari keterbatasan mendapatkan air bersih, apalagi saat musim kemarau warga Dusun Pathuk Desa Gegeran Kecamatan Arjosari memiliki inisiatif memanfaatkan sumber air setempat untuk  kebutuhan air baku keluarga. Inisiatif baik tersebut ditangkap oleh pemerintah dan melalui dana APBN bisa mewujudkan keinginan masyarakat Dusun Pathuk tersebut yang dikemas dengan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) 


Sejak September tahun lalu program tersebut dimulai, dan bisa dirampungkan awal tahun ini. Pamsimas diberi nama Tirto Karang Mulyo Desa Gegeran. Fasilitas air baku rumahan tersebut langsung diresmikan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji). Rabu (25/01/2023).


"Alhamdulillah mari kita banyak bersyukur, Pamsimas ini sudah selesai pembangunannya, semoga bermanfaat bagi masyarakat," ucap Màs Aji



Kehadiran Pamsimas tersebut disambut bahagia oleh warga masyarakat, meskipun pada tahap awal baru bisa melayani 72 sambungan rumah tangga. Kegembiraan Peresmian Pamsimas Tirto Karang Mulyo Desa Gegeran ini dilaksanakan dengan menggelar tasyakuran dan doa bersama seluruh elemen masyarakat. 


"Kami sangat terbantu sekali setelah adanya Pansimas karena ketersediaan air dan tidak perlu lagi jauh-jauh mengambil air saat kemarau," ungkap warga setempat.


Pamsimas Tirto Karang Mulyo mampu melayani 200 sambungan rumah, namun saat ini masih 72 sambungan. Pansimas tersebut dibangun dengan memanfaatkan sumber air setempat yang airnya bisa dibilang melimpah (1 liter per detik) kualitas airnya juga lolos uji kelayakan. Dengan daya tampung 18 kubik air, (Ans)







Posting Komentar

0 Komentar