Bupati Prioritaskan Keselamatan Jiwa Atas Bencana Tanah Gerak Di Petungsinarang

 


Pacitan, lensa-nasional.com | Untuk mensikapi bencana tanah gerak yang menimpa warga Dusun Weruteklok, Desa Petungsinarang Kecamatan Bandar. Mas Aji selaku Bupati mengedepankan keselamatan jiwa menjadi prioritas utama yang harus dilakukan mengingat kondisi cuaca yang sering hujan. 


Dikutip dari laman Prokopim Pacitan Bupati mengucapkan "Yang terpenting keselamatan panjenengan, sementara prihatin rumiyin, sing penting jiwa selamat riyin," ungkap nya saat mengunjungi warga terdampak tanah gerak, Kamis (09/03/2023). 


Bupati yang berada dilokasi bencana memastikan kondisi langsung di lapangan. Dan juga ingin memastikan warga terdampak mendapatkan penanganan kedaruratan. 


Upaya relokasi kemungkinan besar menjadi pilihan mengingat kondisi tanah yang terus bergeser dan membahayakan. Namun demikian, Mas Aji minta hal ini disosialisasikan terlebih dahulu dengan warga terdampak. 


"Kalau direlokasi mau ya...," ucapnya kepada warga


Dalam kesempatan tersebut Bupati juga memberikan bantuan kebutuhan pokok dan sejumlah uang kepada warga.


"Nek kula purun dipun pindah wong kawontenan nggih kados mekaten, (Kalau saya mau dipindah karena keadaan seperti ini. Red)" tutur Boiman salah satu warga terdampak.



Akibat bencana tanah gerak tersebut yang terjadi hari selasa (28/02) sejumlah rumah mengalami rusak. 11 rumah dari 13 kepala keluarga  terdampak bencana alam tersebut. Sedikitnya 35 jiwa terpaksa mengungsi dan menempati tenda darurat  untuk menghindari resiko yang membahayakan. 


"Kita disini sambil menunggu keputusan bersama mau direlokasi kemana dan kapan semoga secepatnya pemerintah memperhatikan kita untuk itu". Harapan nya (Ans)


Posting Komentar

0 Komentar