Upaya Pembinaan Personil, Kodim 0801/Pacitan Gelar Tes Garjas Periodik II TA. 2023.


LENSA NASIONAL| Pacitan - Sebagai upaya pembinaan di bidang personil, Kodim 0801/Pacitan menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II Tahun 2023, bertempat di lapangan Peta Jl. Letjen Suprapto No 42 Pacitan, Kamis (21/09/2023).


Tes kesegaran jasmani merupakan program dari komando atas yang harus diikuti oleh seluruh prajurit TNI, tak terkecuali Kodim 0801/Pacitan guna mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki para personilnya, sehingga tugas-tugas kedepan terlaksana dengan baik. 


Adapun yang diujikan dalam Tes Kesegaran Jasmani diantaranya Kesegaran “A” yakni lari dengan waktu 12 menit dan Kesegaran “B” meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lunghes durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run. kemudian dilanjutkan Tes Ketangkasan berupa renang gaya jada jarak 50 meter.


Untuk memastikan seluruh peserta siap melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan seperti pengukuran tensi dan denyut nadi oleh tim kesehatan, disamping juga menyiapkan satu unit ambulance untuk sarana evakuasi. 


Setelah semua tahapan selesai, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan peregangan, serta pemanasan, guna menghindari kram otot maupun hal-hal yang tidak diinginkan saat Tes Kesegaran Jasmani berlangsung. 


Sementara itu, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P, menghimbau kepada para peserta, agar melaksanakan kegiatan ini semaksimal mungkin, karena hal ini juga untuk menunjang karier para prajurit, terutama yang akan naik pangkat. 


"Laksanakan kegiatan ini secara serius dan penuh semangat sesuai kemampuan masing-masing, namun demikian tetap perhatikan faktor keamanan. Saya berharap para peserta dapat memenuhi nilai standart kategori lulus", ujar Dandim saat meninjau pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani. 



Kemudian dirinya juga menambahkan, jika nantinya masih ada personil yang nilainya belum memenuhi standart akan dikoordinir untuk dilakukan pembinaan khusus secara mandiri. 


"Sebelumnya saya juga sudah menekankan agar setiap ada kesempatan untuk memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik secara mandiri. Kita mempunyai fasilitas lapangan yang bagus, tergantung niat dan kesadaran dari masing-masing individu untuk melakukan pembinaan", ungkapnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar