Dorong Petani Tambah Tanam, Dinas Pertanian Pacitan Salurkan Pompanisasi.


LENSA NASIONAL | Pacitan - Menghadapi cuaca panas yang berkepanjangan, kekeringan hampir di semua wilayah kabupaten Pacitan pada tahun 2024 ini, Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Pacitan mendorong petani untuk tetap bisa mengolah lahan sawah melalui program pompanisasi solusi pengairan yang semakin sulit.


Pompanisasi merupakan salah satu solusi tercepat untuk mengatasi dampak kekeringan terhadap sektor pertanian, meski dibeberapa wilayah terdapat persoalan yang muncul, dikarenakan sumur-sumur warga yang mengering karena kedalamannya yang kalah dengan sumur Bor yang dipakai petani.


"Bantuan pompanisasi dibutuhkan untuk meningkatkan indeks pertanaman Petani dari satu kali menjadi tiga kali per tahun. Namun kita juga menghimbau jika di wilayah sumur-sumur manual warga terganggu karena itu, Utamakan air bersih buat kehidupan masyarakat dulu". Ungkap Sugeng Santoso,Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pacitan. Jumat (06/10/2024).


Kekeringan di Kabupaten Pacitan hampir setiap tahun mengalami kesulitan air bersih. Namun demikian Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian untuk membantu petani berupaya menyalurkan bantuan pompanisasi ke daerah-daerah di 12 Kecamatan.


"Di tahun 2024 ini, Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Pacitan mengalokasikan 94 unit Pompanisasi dan 31 unit irigasi perpipaan". Jelasnya


Lebih lanjut Sugeng menyampaikan di bulan September 2024 ada 282 Hektar lahan tambah tanam di kabupaten Pacitan,sehingga dengan adanya program pompanisasi ini sangat membantu para petani dalam musim kemarau ini, selain itu pompanisasi juga membantu warga masyarakat untuk air bersih di wilayah nya". Pungkasnya.


Catatan di Dinas, program Pompanisasi dan Pipanisasi di 12 Kecamatan adalah sebagai berikut, Kecamatan Donorojo 1 untuk Perpipaan, Kecamatan Punung 7 Perpompaan dan 1 Pipanisasi, Kecamatan Pringkuku 4 perpompaan, Kecamatan Pacitan ada 14 perpompaan terus Kecamatan Kebonagung 9 perpompaan dan 3 perpipaan, Kecamatan Arjosari terdapat 10 perpompaan, Kecamatan Nawangan 9 perpompaan dan 7 Pipanisasi, Kecamatan Bandar 14 perpompaan dan 8 perpipaan, Kecamatan Tegalombo 7 Perpompaan, kecamatan Tegalombo 7 Perpompaan, kecamatan Tulakan ada 8 perpompaan dan 8 perpipaan, Kecamatan Ngadirojo ada 9 perpompaan dan 2 pipanisasi serta kecermatan Sudimoro ada 3 perpompaan dan 1 perpipaan jadi jumlahdari 12 kecamatan ada 94 perpompaan dan 31 perpipaan yang telah disalurkan. (Ans)


Posting Komentar

0 Komentar